Ergonomics is a discipline that seeks to maximize safety, efficiency and comfort
by shaping the design and operation of the technology to the physical and
psychological capabilities and social needs of the user.
by shaping the design and operation of the technology to the physical and
psychological capabilities and social needs of the user.
(Jan Noyes. Designing for Humans. New York: Taylor & Francis Inc., 2001)
Manusia dalam kehidupan sehari-harinya banyak menggunakan berbagai macam produk, mesin maupun fasilitas kerja lain yang dirancang untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia akan mengendarai mobil, menggunakan handphone, mengoperasikan mesin produksi, memanfaatkan kecanggihan mesin komputer, dan sebagainya. Untuk semua aktivitas yang harus dilakukan tersebut, manusia harus melibatkan semua panca indera yang dimiliki; menjalankan mekanisme pengambilan keputusan melalui memori otak, dan menggunakan semua kemampuan menggerakan sistem otot-otot tangan maupun kaki yang diperlukan untuk melakukan kerja. Dalam hal ini mobil akan bergerak sepanjang jalan lintasan sesuai dengan kehendak manusia yang mengemudikannya. Demikian juga mesin komputer akan melakukan analisa dan memproses data manakala ada manusia yang mengoperasikannya. Kesimpulan yang bisa ditarik, manusia merupakan komponen dan faktor yang penting serta menentukan dalam setiap sistem operasional (sistem manusia – mesin) agar mampu berfungsi untuk menghasilkan aktivitas kerja produktif.
Agar sistem manusia-mesin tersebut bisa berfungsi baik, maka sub-sistem (komponen-komponen) pendukungnya haruslah dirancang secara sinkron dan terintegrasi satu dengan yang lain. Hal ini tidak saja menyangkut komponen (elemen) yang berada didalam sub-sistem mesin, tetapi juga menyangkut manusia yang akan berinteraksi dengan sub-sistem mesin tersebut untuk membentuk sebuah sistem manusia-mesin (man-machine system). Oleh karena itu sangat mendasar sekali kalau seorang perancang mesin (produk) akan selalu mempertimbangkan manusia sebagai sub-sistem yang perlu diselaraskan dengan sub-sistem mesin (produk) agar bisa layak dioperasikan nantinya. Berkaitan dengan hal tersebut sudah semestinya seorang perancang mesin (produk) akan memperhatikan segala kelebihan maupun keterbatasan manusia dalam hal kepekaan inderawi (sensory), kecepatan dan ketepatan didalam proses pengambilan keputusan, kemampuan penggunaan sistem gerakan otot, dimensi ukuran tubuh (anthropometri), dan sebagainya; untuk kemudian menggunakan semua informasi mengenai faktor manusia (human factors) ini sebagai acuan didalam menghasilkan sebuah rancangan mesin atau produk yang serasi, selaras dan seimbang dengan manusia yang akan mengoperasikannya nanti.
Seorang perancang produk haruslah bisa mengintegrasikan semua aspek manusiawi tersebut lewat karya-karya rancangannya dalam sebuah konsep yang dikenal dengan “Human Integrated Design”. Analisis mengenai faktor manusia dalam proses perancangan produk meliputi evaluasi yang berkaitan dengan karakteristik data fisiologik dan psikologik manusia yang nantinya akan menjadi komponen utamanya. Dengan memasukkan unsur-unsur yang berkaitan tentang faktor manusia tersebut --- baik kelebihan, keterbatasan, maupun kekurangannya --- pada saat proses perancangan berlangsung; hasil yang diperoleh nantinya akan berupa “resultant design” dari sebuah sistem manusia-mesin. Optimalisasi rancangan produk akan bisa diperoleh, karena disini variabel-variabel operasional dan interaksi faktor manusia dengan sistem mesin yang akan dioperasikannya sudah terintegrasi dalam teknologi produk --- bisa berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) --- yang dirancang.
Secara umum aplikasi konsep Human Centered/Integrated Design (HC/ID) dapat dijelaskan berdasarkan dua prinsip yaitu : pertama, seorang perancang produk harus menyadari benar bahwa faktor manusia akan menjadi kunci penentu sukses didalam operasionalisasi sistem manusia-mesin (produk); tidak peduli apakah sistem tersebut bersifat manual, mekanis (semi-automatics) ataukah otomatis penuh. HC/ID akan menempatkan semua unsur/parameter design menyesuaikan dengan karakteristik --- kelebihan maupun kekurangan --- manusia (fitting the task/ design to the man). Kedua , seorang perancang produk harus juga menyadari bahwa setiap produk akan memerlukan informasi-informasi detail dari semua faktor yang terkait dalam setiap proses perancangan.
Seorang perancang produk harus mengetahui sistem operasional seperti apa yang dapat dikerjakan lebih baik oleh manusia (didasarkan oleh faktor kelebihan yang dimiliki manusia dibandingkan dengan mesin/alat); dan disisi lain dengan menyadari segala kekurangan serta kelemahan manusia, maka keterbatasan-keterbatasan ini kemudian bisa dialokasikan untuk kemudian dikerjakan oleh sub-sistem mesin (produk) yang dirancang. Data yang berkaitan dengan kelebihan, kekurangan maupun keterbatasan --- baik yang bersifat fisiologik maupun psikologik --- bisa dikembangkan melalui riset ergonomis yang merujuk manusia sebagai obyek dan sekaligus subyek pengamatan. Rancangan memenuhi kriteria “baik” sejauh rancangan tersebut mampu memenuhi tolok ukur efektif, efisien, nyaman, aman, dan sehat dan Efisien. Problem utama adalah bagaimana cara pengukurannya.
Ergonomi, Human Factors dan Perancangan Produk
Di masa lalu, istilah ergonomics biasanya sering dikaitkan dengan perancangan produk-produk sederhana seperti knobs, dials, atau furniture (chair); dan juga aktivitas fisik (physical work) dari kerja manusia. Sedangkan human factors lebih umum dihubungkan dengan aspek psikologi kerja (mental workloads dan cognitive issues) dan segala macam aspek yang mengkaitkan manusia dalam aktivitas kerjanya. Belakangan batasan-batasan dari kedua istilah tersebut tampaknya menjadi kabur dan tidak lagi dibedakan/dipertentangkan. Keduanya merepresentasikan aktivitas studi tentang kerja dan interaksi antara manusia dengan system lingkungan fisik kerjanya. Tujuan utamanya adalah memperoleh kesesuaian antara kebutuhan dengan rancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi system manusia-mesin serta lingkungan fisiknya agar lebih produktif, nyaman, aman dan memuaskan penggunanya. Komponen-komponen mendasar dalam dalam perancangan dengan pendekatan ergonomi (human factors) meliputi psychology (cognitive, social, and occupational psychology), anatomy (anthropometry and biomechanics), dan physiology (exercise and work physiology).
Ergonomi secara nyata memberi dampak terhadap kehidupan manusia sehari-hari; mulai dari rumah dimana mereka bertempat tinggal dan khususnya sampai ke tempat kerja di industri, perkantoran, dan lain-lain. Pendekatan dan evaluasi ergonomi banyak diaplikasikan dalam banyak hal. Mulai dari perancangan produk, fasilitas kerja, tempat kerja (work stations/places) dan juga lingkungan kerja (working environment) dengan sasaran untuk menambah efektivitas, efisiensi dan produktivitas tenaga kerja. Lebih penting lagi pendekatan ergonomi dalam perancangan juga diaplikasikan untuk memperbaiki faktor kenyamanan, keselamatan dan kesehatan (comfort, safety and health) di ranah area/lingkungan kerja diselenggarakan. .
Aplikasi ergonomi dalam perancangan telah banyak ditunjukkan dengan berbagai bukti nyata di masa lampau seperti halnya saat manusia melakukan perancangan produk, alat kerja maupun sistem kerja. Hutchingson (1981) dalam hal ini secara tegas menyatakan bahwa manusia-manusia ”pra-sejarah” yang menggunakan alat/perkakas (tools) --- baik untuk melindungi maupun membantu melaksanakan kerja tertentu --- merupakan peletak dasar pemikiran dan penerapan ergonomi dalam proses perancangan produk/peralatan kerja. Selanjutnya juga banyak dilakukan studi-studi mengenai peralatan kerja yang harus dioperasikan dengan menggunakan tenaga fisik manusia terutama di sektor pertanian (people-powered farming tools) seperti bajak, pacul, sabit, dan lain-lain telah pula melahirkan banyak perubahan maupun modifikasi rancangan dengan lebih memperhatikan faktor manusia.
Ergonomics : Designing for Humans
Where Does Design Come From? Sebuah pertanyaan yang acapkali muncul pada saat kita berharap agar rancangan yang kita buat tidak hanya berhenti dalam tataran ide ataupun konsep semata. Manusia siapa (designer or customer) yang akan kita jadikan target sasaran kepentingan rancangan tersebut akan dibuat? Rancangan bisa bersumber dari berbagai penemuan (invention) berbagai ide baru sebagai bentuk kreatifitas manusia perancang. Namun untuk berbagai tipikal rancangan --- khususnya produk industri --- ide maupun konsep seringkali justru datangnya dari customer/user atau sumber eksternal dalam bentuk inovasi maupun saran perbaikan lainnya (innovation/improvement).
Penutup
REFERENSI/KEPUSTAKAAN
Granjean, Etienne (1982). Fitting the Task to the Man: An Ergonomic Approach. London: Taylor & Francis Limited.
Gupta, Vijay and Murthy, PN (1980). An Introduction to Engineering Method. New Delhi; Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
Hawkes, Barry and Abinnet, Ray. The Engineering Design Processes. Eidenburgh Gate, Harlow : Addison Wesley Longman, 1997.
Huchingson, Dale R (1981). New Horizons for Human Factors in Design. New York: McGraw- Hill Book Company.
Khalil, T.M. (1972) . Design Tools and Machines to fit the Man. Industrial Engineering : Institute of Industrial Engineers.
Nagamachi, Mitsuo et.al. (2009). Kansei Engineering and Its Application to Developing New Preventing Bedsore Mattress. Paper presented in IEA - 17th World Congress on Ergonomics in Beijing, July 2009.
Nagamachi, Mitsuo et.al. (2009). Kansei Ergonomic Product Development of Washer-Dryer and Electric Shaver. Paper presented in IEA - 17th World Congress on Ergonomics in Beijing, July 2009.
Noyes, Jan (2001). Designing for Humans.New York: Taylor & Francis Inc., 2001.
Wignjosoebroto, Sritomo (2000). Evaluasi Ergonomis dalam Proses Perancangan Produk. Disampaikan sebagai keynote address dalam Seminar Nasional Ergonomi 2000 yang diselenggarakan oleh Laboratorium Ergonomi & Perancangan Sistem Kerja Jurusan Teknik Industri FTI-ITS dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) pada tanggal 20 Agustus 2000 di Hotel Sahid – Surabaya.
Wignjosoebroto, Sritomo (2011). Ergo-Design: Rancangan untuk Manusia. Disampaikan dalam acara Seminar dan Diskusi “Ergonomi & Kenyamanan Produk Desain” yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Manusia dan Ruang Interior (KK MRI) – FSRD ITB pada tanggal 6 Juni 2011 di Auditorium Timur – Campus Centre ITB, Jalan Ganesa 10 Bandung.
Very great blog, saya adalah fans ergonomi, saya juga ngeblog di bidang ergonomi http://ergofit.blogspot.com/ (blog & kliping ergonomi) cuman kualitas isinya masih jauh dibawah blog Anda karena saya pemula, saya ingin membatu mengenalkan dan mensosialisasikan betapa penting dan krusialnya ergonomi kepada Indonesia lewat blog
BalasHapus